Login
KETAPANG

Selasa, 19 Maret 2019 |

Card image cap

KETAPANG, SUKA MULIA - Politeknik Negeri Ketapang (Politap), melaksanakan program kemitraan tentang peningkatan keterampilan pemamfaatan teknologi guna meningkatkan kualitas pelayanan publik di masyarakat.

Program kemitraan antara Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3KM) Politeknik Negeri Ketapang dengan Desa Sukamulya ini telah dimulai sejak Juli 2018. Melibatkan unsur mahasiswa, dosen, pemuda, perangkat desa dan masyarakat desa di Desa Suka Mulia, Kecamatan Sungai Melayu, Kabupaten Ketapang.


Desa Sukamulya, menjadi lokasi dilaksanakannya program tersebut, mengingat secara demografi memiliki jumlah penduduk sebanyak 1.196 jiwa dengan penduduk usia produktif 730 jiwa, dan penduduk dengan dikategorikan miskin sebanyak 819 jiwa.

Desa ini terbagi dalam tiga dusun yakni Dusun Wono Rejo, Dusun Bangun Rejo, dan Dusun Marga Rahayu dengan luas wilayah 1090 ha yang sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai petani, peternak, pedagang, dan sektor pemerintahan.

Menurut Eka Wahyudi, S.Pd., M.Cs., yang merupakan ketua program mengatakan, banyak kendala yang dihadapi perangkat Desa dalam melakukan proses administrasi.

Diantaranya lama waktu pengurusan surat menyurat, sarana dan prasarana penunjang kurang, serta kapasitas sumber daya aparatur desa yang harus ditingkatkan.

“Perlu pemamfaatan teknologi informasi dalam pelayanan publik di Desa, karena ini akan memangkas beban kerja agar lebih efektif dan efisien, dan desa harus terbuka dan menerima perkembangan teknologi”, ucapnya.

Kabar Terbaru
Indomie Goreng
Selasa, 28 Mei 2019 | Berita Nasional
Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Ketapang Tahun 2019 di Desa Ratu Elok
Kamis, 11 April 2019 | Lomba Desa Tingkat Kabupaten Ketapang
Kerupuk Basah Sebagai Salah Satu Icon Desa Ratu Elok
Jumat, 05 April 2019 | Kerupuk Basah Sebagai Salah Satu Icon Desa Ratu Elok